Senin, 21 Januari 2013

Bikin Irit Motor Pakai HCS(Hydrocarbon Crack System)


Di postingan kali ini saya akan membahas cara pembuatan HCS (Hydrocarbon Crack System)ini fungsinya sebagai pengirit bensin, persentase pengiritannya bisa sampai 50%-90% tergantung type dan kondisi motor, namun bila di motor matic seperti Mio mungkin hanya 25%-35% itu dari apa yg saya rasakan sendiri, dan memang setelah tanya ke mana2 katanya kalo di motor matic agak berkurang persentase pengiritannya. rasanya pasti enak kan kalo motor kita irit bensin kantong juga jadi irit.
okelah sekarang langsung aja kita masuk ke step pembuatannya

Pertama siapin dulu bahannya.

1.botol ukuran >= 300ml
botol ini akan menjadi tempat bensin, botolnya usahain yang keras yang ga gampang dekok, pengalaman pake botol yang gampang dekok, sekalinya botol kesengol atau keteken bensin yg di dalem lgsg luber keluar. usahain pake botol yang keras kalo pertlu yang bahan stenlis.

2.Cabang T (2 buah)
cabang T ini di usahan jangan yang jelek atau jangan pake yang biasa buat aquarium, soalnya itu bakalan meleleh kalo kena bensin, yang ada nanti alat ini jadi ga fungsi total. kalo mau beli cabang T di tempat toko onderdil mobil/motor biasanya jual paling 2000an





3.Selang anti panas dan selang karet
beli selang yang bener2 anti panas buat di sambung ke katalis, pengalaman saya pake selang karet(selang bensin) itu selang yg di bagian sambungan ke katalis meleleh, alat ini jadi ga fungsi total gara2 selangnya meleleh, jadi usahain beli selang yg anti pana kaya gambar di atas, beli di tempat onderdil mobil juga ada, agak mahal sih harganya, sediain 1-2meter, trus beli juga selang bensin kira2 1 meter buat bagian di botol sama air mix.


4.batu yang biasa di aquarium yg buat gelembung dan keran
ini buat di tempel jadi moncong buat udara masukdi air mix. keran sama batu itu bisa beli di toko aquarium








5. pipa tembaga/katalis
pipa ini yg di tempel di knalpot, kira2 cuma kepake 1/4 meter, tapi kalo beli harus meteran, harganya 20.000 di tempat toko AC gitu atau tempat2 elektronik. pokonya biasanya ciri2 tempatnya kaya warung gitu trus di depannya suka di gantungin tabung2 freon. nah pasti dia jual beginian, hampir tiap tempat yg jual kaya begitu ciri2nya.

 

 

 

 

Pembuatan

sekarang ke tahap penbuatan, pertama2 bolongin 2 lubang di bagian atas botol trus kedua lubang itu di masukin selang yang satu sampe dasar, yg satu lagi cuma ngegantung.
 hasilnya jadi kaya gini

abis itu bikin posisi yang enak buat di taro di motor. yang penting kering dan aman. trus sekalian deh rakit bagian2nya. tinggal sambung2 aja. buat arah2nya liat di gambar aja.
trus di bagian kenalpotnya ini skemanya
lanut ke bagian intake(maaf kalo gambar ga jelas)
jadi intinya selang dari katalis di sambung ke cabang T dicabang T itu ada yang ke intake, fuel pump preassure sama katalis, kalo selang fuel pump preassure udah dari bawaan pabrik, jadi cuma di bikinin cabang T aja, jadi ibaratnya alat ini numpang ke slang itu, lalu buat pemasangan air mix kalo cara saya, saya naro air mix di bagian bekas selang AIS, karena AIS dicopot, jadi selang bekas AIS itu saya jadikan air mix. kalo bingung bongkar aja dulu trus liat pasti kalo di mio, vega, jupiter 2009++ ada cabang di bagian selang yg dari fuel pump preassure. tp masalah penempatan air mix itu bebas, kalo ga mau di pasang juga gpp, tp mesin jadi agak basah, cocok lah buat yg bore upan biar agak dingin. soalnya air mix disini gunanya buat nyeimbangin kadar udara di mesin, soalnya kao pasang HCS mesin jadi agak basah sedikit, makannya di kasih air mix biar pembakaran jadi sempurna.

ini skema kumplitnya


Step sudah selesai, sebenarnya tidak terlalu sulit untuk pemasangan asal teliti di setiap sambungan jgn sampe bocor,, namun pada motor2 tertentu bagian intake tidak ada selangnya, seperti astrea/supra x100 jadi harus di bor dahulu/ atau bisa di bolongin bagian plastik yg di sambungan antara head sama intake(lupa namanya apa) nah trus bisa di bikin di situ tapi sangat beresiko hehehe jadi jangan coba2 deh kalo ga yakin, takut2 malah bocor.

Cara Setting

Buat cara settingnya yaitu pertama isi botol dengan bensin, pastikan botol sudah vakum/tidak ada kebocoran, bensin yg diisi boleh premium, pertamax, pertamax+ juga bisa, pakai pertamax+ lebih bagus. isi botol kalau bisa di atas 300ml. trus karbu ga usah di setting apa2 dulu. nyalakan motor, coba buka keran kuning yg dari botol bensin, kalo tiba2 RPM mesin turun/mati berarti alat berfungsi, trus tutup lagi, nyalain mesin lagi sampe kerasa normal lagi, trus buka kran air mix smpe RPM naik, trus buka pelan2 kran kuning yg dari botol smpe RPM stabil. coba2 aja, settingan sangat berpengaruh, kalo settingan kebasahan ky agak brebet kalo di motor standar bisa ngempos, buka keran 360 1,5 atau 2 putaran, trus seimbangin RPM dari air mix. nah itu settingan yang biasa saya pakai.
trus saran dari saya, katalis kalo bisa jangan di bikin ngelingker di knalpot, pengalaman saya katalis malah jadi gepeng trus dekok2, sedotan dari intake jadi berkurang, jadi kalo bisa di bikin ngeplong aja biar sedotan dari intake bisa kenceng.

yahh itulah semoga postingan ini bermanfaat, kalo mau nanya2 bisa comment di blog saya atau minta pesenin barang2nya juga boleh hehe.

5 komentar:

intake manifold bro namanya bagian penyambung karburator ke mesin..hehe

Mas bro bisa minta tolong kasih tahu diameter pipa katalis serta panjangnya. Trus gambar airmix serta krannya dan kran di botolnya. Trims. ,,,,, kirim ke : andi.shyn@gmail.com

pipa katalis diisi apa om, pakai one way valve om buat jaga2

Saya mau pasang di piaggio zip kira2 bagusan rakit hcs sendiri atau beli jadi gitu bro? Kebetulan ada lapaknya di facebook ^^
tapi masalahnya mau pasang sendiri tapi ga berani :s
Mohon pencerahannya mas bro
Famphere@gmail.com
Thanks in advance

pipa katalisnya diisi batu yang ada di toko aquarium ame elektroda las listrik jenis aluminium silica

Poskan Komentar

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More